10 Daftar Tugu Bersejarah DI Jakarta

10 Daftar Tugu Bersejarah DI Jakarta - Bagi para penduduk yang tinggal di sekitar JABODETABEK, mungkin seudah tidak asing lagi mendengar dan melihat 10 daftar tugu bersejarah di Jakarta di bwah ini. Tapi mungkin berguna ntuk para wisataawan dari daerah lain atau bahkan manca negara yang melancong ke Jakarta dan ingin melihat nya. Selain kita bisa memberikan edukasi tentang sejarah terutama bagi anak-anak dan generasi muda. Juga yang paling penting adalah sebagai motifasi atau media dimana kita bisa mengenang dan menghormati Pahlawan. Dengan rela mengorbankan nyawa demi kemerdekaan bangsa kita tercinta Republik Indoesia dari penjajahan selama berartus-ratus tahun.

1. Tugu Mounumen Nasional (Monas).

Lokasi : Jl. Merdeka, Jakarta
Filosofi : Sebagai penghargaaan dan mengenang seluruh Pahlawan dan Rakyat Indonesia dalam merebut kekuasan dari penjajahan.


2. Tugu Pancoran (Dirgantara).

Lokasi : Perapatan pancoran, Tebet - Jakart Selatan.
Filosifi : Sebuah patung mengenai dunia penerbangan Indonesia atau kedirgantaraan. Patung ini menggambarkan manusia angkasa, yang berarti menggambarkan semangat keberanian bangsa Indonesia untuk menjelajah angkasa.


3. Monumen Selamat Datang.


Lokasi : Bunderah HI Jl. MH. Thamrin Jakart Pusat.
Filosifi : Menyambut para tamu negara saat berlangsung acara Seagemes IV th 1962 di Jakarta. Dan diarktikan sebuah monumen untuk menyambut siapa saja yang tiba di Indonesia Umumnya dan Jakarta Khusunya.


4. Tugu Pahlawan (Patung Pak Tugu Tani).

Lokasi : Buneran Menteng, Jakarta Pusat.
Filosofi : Patung ini sebagai hadiah dari pemerintah Uni Soviet atas persahabatannya dengan Indonesia. Makna dari gedung tersebut berbeda-beda dari segi simbol maupun historis, tapi pada alas tersebut terdarpat tulisan "Hanya Bangsa yang Dapat Menghargai Pahlawan-pahlawannya yang Dapat Menjadi Bangsa Besar.


5. Patung Diponoegoro.

Lokasi : Jl. Diponegoro depan Taman Menteng, Jakarta Pusat
Filosofi : Persembahan dari ciputra yang diresmikan oleh Gubernur DKI Sutiyoso untuk Di ponegoro. Posisi di tengah kota dan dihiasi air mancur dan karangan bunga yang warna warni.


6. Patung Pemuda Membangun.

Lokasi : Tepat berada di Bundaran Senayan, Jakarta Pusat, mengarah ke arah ke Jembatan Semanggi dan tidak jauh dari Stadion Senayan (Gelora Bungkarno).
Filosifi : Keberadaan patung ini bertujuan untuk mendorong semangat membangun yang pada hakekatnya harus dilakukan oleh para pemuda atau masyarakt yang berjiwa muda. Dimana Terlihat sebuah ekspresi semangat seorang pemuda yang sedang membawa wadah dan bentuk api yang berkobar diatasnya.

7. Patung Pembebasan Irian Barat.

Lokasi : Lapangan Banteng Jakarta Pusat.
Filosifi : Patung ini dibuat saat bangsa Indonesia tengah berjuang untuk membebaskan Irian Barat dari penjajahan Belanda pada 1962. Terlihat jelas bahwa bentuknya seperti seorang yang terlepas dari ikatan tangan yang di borgol yang beratri juga ekspresi kebebasan dari belenggu penjajahan Belanda.


8. Monumen Perjuangan Jatinegara.

Lokasi : Depan Gereja Kolonia Jati negara, Jakarta Timur.
Filosofi : Untuk mengenang sebuah peristiwa penting perjuangan rakyat di sekitar Stasiun Jatinegara dan Khsuunya Jakarta Timur.


9. Patung Jendral Soedirman.

Lokasi : Jl. Jendar Sudirman, Jakarta Pusat.
Filosofi : Pemlihan Patung Jendral Soedriman ini merupkan realisasi dari pemilihan beberapa tokoh pahlawan nasional. Dengan dihiasi sebuah nama Jalan dan penokohan yang sangat di hormati, patung Jendral Soedirman dipasang di jalan protokol ibu Kota Jaarta ini. Dengan keberadaaanya yang merupkan garis luru mulari dari Patung Pemuda Pembagunan hingga Monumen Nasional.


10. Monumen Pahlawan Revolusi / Monumen Panca Sila Sakti.

Lokasi : Lubang Buaya, Cipayung Jakarta Selatan.
Filososfi : Monumen ini dibangun dengan tujuan mengingat perjuangan para Pahlawan Revolusi yang berjuang mempertahankan ideologi negara Republik Indonesia, Pancasila dari ancaman ideologi komunis (PKI). Atau yang kita kenal tragedi penghiatan PKI / Gerakan 30 September 1965 (G 30 S PKI).
Sebagi Ibu kota Jakarta yang memiliki banyak monumen untuk mengenang jasa pahlawan tanah air yang harus tetap kita jaga ke hormatannya. Maka banyak warga Indonesia yang baik lokal, dari daerah lain, bahkan turis manca negara yang mengunjunginya. Selain sebagai simbolis sejarah bangsa Indonesia juga merupkan daya tarik sendiri dalam sektor pariwisata. Banyak rombongan adik-adik kita yang masih duduk di Sekolah Dasar mengadakan study tour menggunakan Sewa Bus Pariwiata berkeliling mengunjungi monumen bersejarah tersebut.
Kami selaku layanan penyedia transportasi pariwisata, anda bisa menghubungi kami bila bernecana menggunakan Sewa Elf Jakarta. Agenda perjalalan berkeliling kota Jakrta dengan sewa elf di Jakarta kami rasa sangat membantu sekali untuk menunjang kegiatan wista anda. Hubungi kami dan dapatkan harga terbaik untuk mendapatkan penawaran sewanya untuk melihat 10 daftar tugu bersejarah di Jakarta.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.