Museum Perumusan Naskah Proklamasi Jakarta

Museum Perumusan Naskah Proklamasi
Museum Perumusan Naskah Proklamasi Jakarta - Detik - detik Proklamasi, tempat perumusan sampai pengetikan naskah dan lokasi pembacaan teks proklamasi, menjadi pilihan kami untuk sedikit merangkumnya kali ini, yaitu bangunan tua berartsitektur Eropa "Art Deco" ini yang didirikan pada tahun 1920  terletak di kawasan Menteng - Jakarta Pusat ini tepatnya di Jl. Imam Bonjol 1, sebelum Bunderan HI atau setelah lampu merah Taman Suropati dan Patung Pangeran Diponegoro.

Museum Perumusan Naskah ProklamasiKeberalihan pengelola bangunan berawal dari perusahaan asusansi PT. Asuransi Jiwasraya 1931, setealah itu beralih pada British Consul General pada perang pasifik hingga kekuasaan Jepang masuk ke negri ini, pada era pendudukan Jepang seorang Laksana Muda Tadashi Maeda lah yang menempati gedung ini selaku kepala Kantor Perhubungan Angkatan Laut dengan ANgkatan Darat, setelah Jepang diserang oleh Sekutu dan Indonesia merdeka 17 Agustus 1945 Laksana Muda tadashi Maeda masih menempati bangunan ini sampai sekutu mendarat di Indonesia pada September 1945, setelah Jepang kalah oleh sekutu gedung ini di tempati Oleh markas tentara Inggris dan lalu digunakan sebagai kantor Kedutaan Inggris hingga tahun 1981, selanjutanya gedung ini diserahkan ke Departemen Pendidikan dan Kebudayaan pada 28 Desember 1981, perkantoran untuk Perpustakaan Nasional pun pernah menggunakan gedung ini pada tahun 1982, lalu mengingat gedung ini syarat akan history lahirnya bangsa Idonesia maka mentri Pendidikan dan Kebudayaan Prof. Nugroho Notosusanto mengeluarkan perintah kepada Direkotrat Permuseuman agar gedung ini di jadikan Museum Perumusan Naskah Proklamasi  yang tertulis pada Seurat Keputusan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan No. 0476/1992 pada tanggal 24 Nevember 1992, sumber wikipedia.org.

Museum Perumusan Naskah Proklamasi
Bila kita mengunjungi museum ini maka sudah tampak dari bagian luar akan sebuah bangunan arsitek Eroapa lama, dengan pelataran yang terawat, bersih, nyaman dan pastinya bersejarah, lalu pada bagian dalam kita akan melihat berbagai jenis furniture yang ada pada saat itu yang memang sesungguhnya hanya sebuah replika tapi tata letak dan bentuk merupakan mirip dengan aslinya seperti sebuah rak loker, piano, mesin ketik, seperangkat meja dan kursi tamu  dan yang meliputi ruang rapat lainnya.

Lalu bila kita berkeliling pada bagian bangunan lain didalamnya  pada konsepnya ruang bangunan mueseum ini ada 4 (empat ) bagian yang memang meceritakan fungsi dari ruangan masing-masing, ruangan itu terdiri dari :
Ruangan Pertama.
Museum Perumusan Naskah Proklamasi
Digunakan sebagai ruang kerja Maeda dan juga menggambarkan suasana rapat menjelang  proklamasi dalam pembentukan PPKI dan BPUPKI, dan peristiwa lainnya.






Museum Perumusan Naskah ProklamasiRuang Kedua.
Ruangan ini menggambarkan suasan rapat Soekarna-Hatta dan Soebardjo saat penulisan teks proklamasi oleh Soeakarno yang berjudul "Proklamasi", selain itu itu juga Sukarni, Sudiro juga menyaksikannya yang hingga pukul 3 subuh.
 
Museum Perumusan Naskah ProklamasiRuangan Ketiga.
Di ruangan ini menggambarkan suasana dimana hasil rapat yang akhirnya bahwa Soekarno-Hatta saja yang cukup menandatagani naskah tersebut, dan pengambilan keputusan dengan bebrapa anggota rapat tentang lokasi pemilihan pembacaan naskah proklmasi yang akhirnya  sepakat di laksanakan di rumah Soekarno di Jl. Peganngaasaa Timur, diruangan ini terdapat piano yang berada di bawah tangga.

Museum Perumusan Naskah ProklamasiRuang Kemmpat.
Ruangan ini terlihati patung tokoh sayuti melik yang tengah mengetik naskah proklmasi bersama B.M Diah setelah selesai kesepaktan musyawarah tentang teks naskah proklmasi, dan juga pameran benda yang dikenakan oleh berbagai tokoh-tokoh yang hadir dalam rapat perumusan naskah proklamasi tersebut.
 
Penetapan pemerintah akan alih fungsi gedung museum tersebut merupakan kensep salah satu cara yang  sangat mengena kepada masyarakat akan pemknaan nilai-nilai tingi akan sejarah cikal bakal bangsa Indonesia, Museum Perumusan Naskah Proklamsi sebgai sarana generasi muda untuk menyebarluaskan informasi umum dan merupakan pemahaman tentang edukasi kultural mengenai sejarah, budaya dan sejarah perumusan naskah priklamsi itu sendiri, juga sebagai media penanaman jiwa kebangsaan, semangat, dan nilai-nilai perjuangan bangsa Indonesia dalam meraih kemerdekaan Indonesia.

Museum Perumusan Naskah Proklamasi
Silahkan Bagi anda yang ingin atau berencana berwisata eduksi sejarah di Jakarta, banyak hal positif akan sejarah bangsa Indonesai yang dapat di jadikan pelajaran bagi kita, baik menggunakan aramda Sewa Bus Pariwisata Jakarta secara rombongan ataupun individu pada informasi di bawah ini.

Museum Perumusan Naskah Proklamasi
Alamat  : Jl. Imam Bonjol 1.
Telepon : (021) 314-4743.
Fax  : (021) 392-4259.
Jam buka  : Selasa - Kamis pk 08.00 - 16.00, Sabtu - Minggu pk 08.30 - 17.00.
Tutup  : Senin dan hari libur Nasional.

Kami alvindotrans selaku atravel agen jasa Sewa Bus Jakarta siap melayani untuk kebutuhan wisata dengan rombongan besar atau menggunakan jasa Sewa Elf Jakarta untuk rombongan dalam melayani perjalanan wisata anda di segala tempat museum yang ada di Jakarta.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.